In memoriam: Pak Widjajono Partowidagdo

Leave a comment

April 22, 2012 by Tara

Telah berpulang satu lagi, orang baik yang menjadi pejabat di Indonesia, Pak Widjajono Partowidagdo (Wamen ESDM).

Jujur, aku tersentuh dengn kabar meninggalnya beliau. Entah kenapa saat siang beredar kabar bahwa beliau sakit saat sedang naik gunung, saat itu terkelebat di hatiku, mungkin beliau akan meninggal. Dan tak berapa lama kabar beliau meninggal pun muncul.

Yang saya ingat tentang beliau adalah, banyak yang diajarkannya melalui milis. Baik tentang hitung-hitungan ekonomi migas, ataupun tentang kehidupan. Kadang beliau juga bercanda dengan kehalusan bahasanya.

Pagi ini aku mengingat lagi pelajaran-pelajaran yang pernah disampaikannya. Dan yang paling berkesan di aku adalah bagaimana beliau senang naik gunung karena lebih mendekatkan beliau pada Tuhan. Subhanallah..

Hal ini mengingatkan aku, betapa seringnya aku lupa untuk mendekatkan diri pada Allah. Allah seolah hanya dalam sholat. Dalam keseharian seolah-olah berjalan sendiri, dengan dipimpin ego.

Dengan meninggalnya beliau ketika sedang naik gunung, aku melihat betapa itu kasih Allah kepada beliau. Beliau dipanggil-Nya saat mendekatkan diri pada-Nya. Insyaallah itu pertanda beliau khusnul khatimah. Dan aku teringat Qur’an S. Al Fajr ayat 27-30 :

Hai jiwa yang tenang

Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya

Maka masuklah ke dalam jama’ah hamba-hamba-Ku

Masuklah ke dalam surga-Ku

Teringat ucapan bapakku : “Orang yang beriman adalah, dalam meninggalnyapun meningkatkan keimanan orang lainnya”.

Leave a Reply

