Social network = masyarakat palsu??

2

November 18, 2009 by Tara

Barusan terbetik dalam pikiranku, jika seorang yang memiliki account facebook dengan 1000 kawan, artinya dalam 1 hari rata-rata akan mendapat 3-4 notifikasi ulang tahun teman.

Dalam bayanganku, ada beberapa kemungkinan berikut :
1. Dia tidak mengirimkan ucapan apapun ke siapapun. Dalam hal ini kita tidak bisa berkomentar.

2. Dia mengucapkan selamat kepada beberapa, dan tidak ke beberapa lainnya. Dalam hal ini kita bisa mempertanyakan, kenapa pilih-pilih? Apakah pertemanannya palsu?

3. Dia memberikan ucapan selamat yang rata-rata sama ke semuanya. Artinya: ucapan selamat itu diragukan ketulusannya, karena hanya barang kodian. Dari sini kita mempertanyakan, apakah benar ada pertemanan melalui social network?

Kesimpulan sementara, sebagai masyarakat basa-basi, social network berjalan. Sebagai masyarakat sesungguhnya, yang penuh dengan rasa persahabatan dan ketulusan, social network hanyalah sebuah alat (tidak berbeda dengan telepon ataupun email). Pertemanan sesungguhnya adalah hubungan personal dengan personalnya.

2 thoughts on “Social network = masyarakat palsu??

  1. That’s right taufik, pertemanan yg terbaik adalah diawali dgn ketulusan hati. ya tapi kalau ada org yg accountnya fbnya dgn 1000 kawan atau bahkan lebih..bisa jadi mmg jaringan sosial dan connection org tsb mmg luas dan dgn kesibukan yg tinggi mungkin tdk mudah buat dia memanage waktu utk keep in touch one by one..so positif thinking aja dech :)…

  2. Tara says:

    hehe..
    ini mah romantisme seorang taufiq aja sih.
    Yang masih berpikir bahwa pertemanan adalah kenalnya individu satu dengan individu lain, bukan sekedar ingat nama dan wajah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: