Berkembang di Bandung

2

November 15, 2009 by Tara

Tadi malam aku ngobrol dengan sepupuku. Dia kuliah di Bandung, di STMB. Dalam perbincangan itu aku menyampaikan ke dia untuk mengembangkan diri. Beberapa point yang aku sampaikan adalah :
1. Baca Qur’an (terjemahnya atau tafsirnya). Hal ini sebagai dasar dari seluruh pengambilan keputusan nantinya. Sepupuku ini udah sering khatam Al-Qur’an, tapi cuman baca arabnya aja. Padahal Al-Qur’an bukan untuk ibadah lisan saja, tetapi sebagai panduan hidup yang harus dimengerti. Tafsir bisa baca Ibnu Katsir, Hamka , Quraish Shihab atau lainnya.

2. Aku minta dia belajar pengantar filsafat. Mempelajari filsafat berguna untuk mempertajam analisa. Sedikit beruntung ternyata di STMB ada matakuliah pengantar filsafat (hebat juga ternyata STMB). Hanya saja sayangnya yang mengajar masih S2, perkiraanku pengajarannya tidak optimal (maaf ini judgment hanya berdasar tingkat pendidikan, belum melihat langsung). Dulu pengalaman aku belajar filsafat yang mengajar doktor yang memang bagus penguasaannya.

3. Aku minta dia untuk mengurangi tidur. Tidurnya dia saat ini 7 jam (jam 22-05). Aku minta kurangi 4-5 jam per hari. Terserah apa mulainya tidur jam 12 atau bangun jam 3. Kalau tidurnya lebih malam, gunakan untuk baca buku atau nge-game. Kalau bangun jam 3 gunakan untuk tahajud dan belajar.

4. Aku minta dia untuk aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang banyak di Bandung. Jangan cuman terkungkung di dalam kampus. Bandung memiliki banyak warna. Ada ITB, Unpad, UPI, dll. Masing-masing kampus memiliki kelebihan. Juga banyak kelebihan lain di luar Bandung. Dia mesti melihat itu semua sehingga bisa menyerap kebaikan yang ada di Bandung.

5. Aku minta dia untuk menajamkan fokusnya. Identifikasi kemana dia nanti akan berkembang. Fokus pengembangan adalah bidang dimana “suka” / interest dan kemampuan bersatu.

Itulah beberapa nasehat yang sempat aku lontarkan dalam pembicaraan kami. Aku menuliskan disini, barangkali saja ada yang juga ingin mengembangkan diri, mungkin point-point ini bisa membantu mengidentifikasi langkah-langkah pengembangan diri.

2 thoughts on “Berkembang di Bandung

  1. Rindu says:

    Saya minta keponakannya untuk makan yang enak enak, karena di Bandung itu makanannya banyak dan enak enak🙂 hahaha.

  2. echamanis says:

    sip setuju bgt pak🙂 paling enak nyerep ilmu itu antara jam 2-4 pagi..:) habis tuh jalan kepasar n masak untuk sarapan sblm kerja🙂

Leave a Reply

