Mencermati kasus Penahanan Ketua KPK non aktif

1

November 1, 2009 by Tara

Aku menemukan link yang menarik :
http://nusantaranews.wordpress.com/2009/10/31/fakta-fakta-kemunafikan-polri-dalam-mengasuskan-bibit-dan-chandra/

Analisanya bagus, cukup komplit.

Kalau saya, secara logika sederhana saja sudah cukup untuk membuktikan bahwa logika polisi itu salah. Logika sederhananya adalah :

Bagaimana mungkin pihak yang JELAS mengeluarkan uang untuk suap (Anggodo) HANYA MENJADI SAKSI, sementara pihak yang KATANYA disuap, namun TIDAK ADA BUKTI satupun tentang suap masuk ke mereka, malah menjadi TERSANGKA??

Bagi saya, jika dengan logika sederhana saja sudah jelas terlihat salah, saya tidak mau mencari-cari lebih rumit lagi. Analisa lebih dalam tidak akan mengubah hasil analisa sederhana (jadi sekali sudah dikatakan logikanya salah, dianalisa lebih dalam pasti juga tetap salah!). Analisa lebih dalam hanya menghasilkan pemahaman lebih dalam dari berbagai sisinya.

Pertanyaan lanjutan adalah, kemana perkembangan situasi ini? Jika melihat respons masyarakat, seperti yang muncul di facebook ini : http://www.facebook.com/posted.php?id=169178211590&share_id=169582240901&comments=1#/group.php?gid=169178211590 saya memprediksi perlawanan masyarakat akan membesar. Tidak tertutup kemungkinan ini akan menjadi gerakan massa, dan kasus 1998 akan terulang kembali.

Adakah jalan damai untuk menyelesaikan ini? Jalan damai mungkin dilakukan dengan adanya pembekuan semua kasus korupsi yang sudah terjadi, dan fokus untuk pencegahan korupsi di depan. Itu yang kelihatannya mungkin. Secara logika, dengan tuduhan korupsi yang sedemikian banyak, sekiranya KPK bekerja dengan benar dan semua terbukti, maka hasilnya akan mengerikan bagi Pemerintah saat ini. Perhatikan dari link diatas, saya cantumkan kutipannya di bawah ini, terdapat 4 menteri di kabinet baru ini yang tersangkut kasus Joko Tcandra :

Fakta yang nyata adalah Bibit Samad Rianto melakukan pencabutan cekal pada Joko Tjandra karena sebelumnya KPK memperkirakan terjadi aliran USD 1 juta (Rp 10 miliar) dari Joko Tjandra kepada Arthalyta Suryani. Namun ternyata dana Rp 10 miliar dari Joko Tjandra, sang buronan koruptor ini mengalir ke Yayasan Kesetiakawanan dan  Kepedulian (YKDK) milik Mars. (Purn) TNI Djoko Suyanto, Mantan Kapolri Jend (Purn) Sutanto, dan mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro dan mantan Ketua KADIN MS Hidayat. Djoko Suyanto sendiri merupakan Wakil Ketua Kampanye SBY-Boediono, dan entah kebetulan atau tidak YKDK mulai beraktivitas (kegiatan sosial) di Januari 2009, tepat bersamaan dengan gencarnya iklan Demokrat-SBY pada periode sama hingga Juli 2009.

Jika menjadi suatu gerakan massa, apa yang akan terjadi kemudian? Analisa saya, gerakan massa akan melahirkan langkah-langkah strategis dan kompromis dari Pemerintah, karena jika tidak ada langkah kompromis, yang terjadi Indonesia bisa hancur lagi Pemerintahannya. Dan akan ada kesulitan mencari Presiden baru, then permasalahan akan kompleks. Dan dalam kondisi kekacauan politik tersebut, peranan Pemerintah dalam ekonomi akan jauh dari optimal.

Rasanya berat untuk menganalisa lebih jauh lagi. Satu, berat hati. Yang kedua, analisisnya juga berat.

So, sementara ini saya hanya bisa mengucapkan : selamat berjuang Pak Bibit dan Pak Chandra, selamat menjadi martir perjuangan bangsa. Namamu terukir di hati banyak orang Indonesia. Semoga Tuhan memberikan kekuatan pada kalian berdua, Amien..

Dan semoga bangsa ini bisa terus maju, menyelesaikan masalah-masalah yang ada tanpa merusak langkah yang telah dicapai, Amien..

One thought on “Mencermati kasus Penahanan Ketua KPK non aktif

  1. Nindy says:

    Bguz analisa’a. .Membntu menyelesaikan tgs kuliah.Mksh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: