Maulid Nabi dan Libur

3

March 6, 2009 by Tara

Senin besok, libur. Judulnya karena perayaan Maulid Nabi Muhammad S.A.W.

Tadi pas sholat Jum’at, Khatib bertutur cukup bagus. Khatib menyampaikan betapa besar yang telah dilakukan Rasul untuk ummat, dan sebagai rasa terimakasih yang perlu kita lakukan cukup mengikuti ajaran-ajaran beliau. Sami’na waato’na (kami dengar dan kami taat).

Saya sangat-sangat setuju dengan hal yang terlihat sangat sederhana itu.

Yang kemudian berkelebat di kepalaku adalah: libur dalam rangka perayaan Maulid Nabi Muhammad S.A.W, perlukah?

Saya berpikir, apa yang akan dilakukan orang-orang? Bukankah tidak ada ibadah yang perlu dilakukan secara khusus? Kalaupun perayaan, yang PERLU dilakukan bukanlah merayakan, tetapi justru mengikuti ajaran Rasul dalam seluruh kehidupan kita. So, kenapa jadi ada hari libur? Aku masih tidak paham arti libur itu.

3 thoughts on “Maulid Nabi dan Libur

  1. fathiiiii says:

    pertanyaan yang sama bisa diajukan pada hari-hari libur seperti 17 agustus dan 1 januari. Bahkan hari-hari libur lainnya, termasuk hari besar agama (bagi yang tidak merayakannya).

    btw, lama tak jumpa nih🙂

  2. Tara says:

    Hehe, bener Fathi😀
    Aku berani menanyakan ini, karena kebetulan aku orang Islam yang tahu kondisi real di dalamnya. Dan aku membandingkan Maulid Nabi ini dengan Iedul Fitri dan Iedul Adha. Tentang hari besar agama lain, aku gak berani mempertanyakan sebelum tahu persis.

    Gimana di Malaysia Fath? Lancar-lancar aja kah? Kalau ke Bandung mesti mampir-mampir lah ya, ngobrol2 kita. Sharing, apa yang kamu lakukan disana.

  3. Rindu says:

    kang, saya menulis sesuatu sebagai ucapan terima kasih saya ke kang tara diblog saya … kalo sempet dibaca dan dikomentari yah🙂 makasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: