Ekonomi Islam di CNN

1

March 3, 2009 by Tara

Semalem pas nonton di CNN, melihat pembahasan tentang ekonomi Islam. Saat itu CNN sedang mengulas masalah jatuhnya pasar finansial di US, bagaimana berbagai institusi (bank, asuransi, dll) mengalami kerugian besar-besaran. Di tengah kerugian itu, ternyata bank-bank yang menjalankan syariah Islam diuraikan sebagai tangguh menghadapi krisis. Kabar terbaru, bahkan pemerintah Inggris berencana mengeluarkan SUKUK!

Hal yang menarik, aku melihat bagaimana CNN bisa menguraikan ekonomi Islam dengan sederhana. Dia katakan, sistem perbankan Islam memiliki aturan :
1. Tidak ada riba. Yang ada adalah berbagi keuntungan (termasuk jika kondisi debitor rugi).
2. Uang tidak ditanamkan untuk usaha yang spekulatif
Aku lupa, ada tambahan lain lagi atau tidak. Hanya saja aku menyoroti itu yang disampaikan secara sederhana.

Komentarku adalah: CNN bisa melihat prinsip ekonomi Islam dengan tepat. Jadi ekonomi Islam itu bukan berarti ekonomi yang anti pasar, bukan berarti penggunaan uang dinar/ mata uang emas, tetapi pada prinsip-prinsip yang dianutnya!

Sistem ekonomi kapitalis/ pasar bebas sejatinya adalah istilah untuk sistem ekonomi yang :
1. Memberikan kebebasan berusaha kepada tiap individu.
2. Memberikan pengakuan atas hak milik individu.
Dan hal ini pun ada pada saat jaman Nabi. Bukankah Nabi dan para sahabat juga berdagang? So, jangan dikatakan bahwa sistem ekonomi Islam itu berbeda dengan sistem pasar bebas.
Hanya saja dalam sistem perbankan-nya, terdapat perbedaan NILAI/ Aturan. Yah point-point yang diuraikan CNN itu lah.

Apakah sistem ekonomi dengan nilai-nilai Islam membawa inflasi? DUGAAN saya adalah: YA!
Karena ekonomi Islam tidak berbeda dengan sistem pasar yang ada saat ini, hanya berbeda nilai (please note: berbeda nilai/ niat, dalam Islam cukup significant. Itu bisa mengubah 100 perak yang diterima dari haram menjadi halal). Secara matematis, disisi konsumen tetap berinteraksi seperti biasa dengan berbagai perusahaan. Tetap terjadi transaksi jual beli dengan margin keuntungan yang normal. Kemudian secara matematis, hubungan antara perusahaan dengan perbankan juga normal, tetap ada sekian rupiah yang dibayarkan untuk pembagian keuntungan dari perusahaan ke bank. Dari sini aku simpulkan, inflasi tetap akan ada. Tetapi yang terjadi adalah inflasi yang sehat! Artinya, inflasi yang memang benar-benar dibutuhkan oleh pasar, bukan inflasi yang berlebihan akibat transaksi spekulaitf.

Ketika inflasi terjadi, maka mata uang berbasis emas menjadi tidak bisa diterapkan. Penjelasan sederhananya, karena mata uang emas tidak bisa mengalami inflasi. Sebagai gambaran sederhana, misalkan suatu negara punya 1000 ayam dan 1 kg emas. Akibatnya 1 ekor ayam dihargai dengan 1 gr emas. Namun ternyata peternakan ayam berkembang lebih tinggi daripada penambangan emas. Akibatnya, sekian tahun kemudian, ketika negara memiliki 3000 ayam dan 1.5 kg emas, yang terjadi 1 ekor ayam akan dihargai 1/2 gram emas. Akibatnya justru deflasi, yang mengakibatkan orang malas untuk beternak ayam, padahal disisi lain penduduk bertambah sehingga kebutuhan ayam bertambah.

Aku menulis ini untuk memberi sedikit ilustrasi bagi teman-teman yang masih berpikiran seolah ekonomi Islam adalah penerapan uang dinar/ emas. Sekali lagi, ekonomi Islam adalah pada aturan-aturannya. Bukan masalah mata uangnya.

One thought on “Ekonomi Islam di CNN

  1. […] – Ekonomi Islam di CNN […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: