Lawakan ahli sejarah?

2

October 5, 2008 by Tara

Ini aku re-post, karena sebelumnya salah tulis, malah jadi page khusus. Punten, agak udik😀

Membaca polemik munculnya Pahlawan yang hilang, Supriyadi, sekarang jadi gondok😦. Coba baca ini :

http://www.detiknews.com/read/2008/08/13/133752/987882/10/baskara-andaryoko-wisnu-prabu-supriyadi-dari-jawa-tengah

===

Bagi Baskara, ada dua ‘Supriyadi’ saat ini, yaitu Supriyadi yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah, dan Supriyadi yang berasal dari Blitar, Jawa Timur. Supriyadi dari Semarang alias Andaryoko tidak memiliki garis keturunan dengan keluarga Darmadi di Blitar.

“Memang ada dua versi Supriyadi. Yang satu Supriyadi dari Jawa Timur dan  Andaryoko dari Jawa Tengah yang mengaku sebagai Supriyadi,” kata Baskara, sejarawan sekaligus penulis buku ‘Mencari  Supriyadi, Kesaksian Pembantu Utama Bung Karno’, saat  berbincang-bincang dengan detikcom melalui telepon, Rabu (13/8/2008).

Baskara menjelaskan, ada dua tokoh Supriyadi yang muncul, sebagai pelaku peristiwa pemberontakan tentara PETA di Blitar 14 Februari 1945 silam. Keduanya sama-sama tentara PETA.

Tokoh Supriyadi dari Jawa Timur yang disebut sebagai adik tiri dari Oetomo Darmadi adalah anak seorang wedana di  Goranggareng, Madiun Jawa Timur. Istri pertama Wedana tersebut  melahirkan dua orang anak, yakni Supriyadi dan Wiyono yang keduanya  telah meninggal. Dia punya adik tiri salah satunya Oetomo Darmadi yang  punya 11 saudara.

“Satunya lagi Supriyadi yang kini bernama Andaryoko berasal dari Jawa  Tengah. Ya memang beda Supriyadi-nya dan berasal dari keluarga yang  berbeda pula,” tegas Baskara.

===

Bagaimana ini Baskara sebagai ahli sejarah? Kalau memang Supriyadi ini (pakai nama Andaryoko) berbeda dengan Supriyadi yang berasal dari Blitar dan disebut sebagai pahlawan, kenapa kok disebut dia sebagai Supriyadi yang hilang (yang dari Blitar)?

Ini mah namanya melacurkan intelektualitas😦. Ahli sejarah kok malah akhirnya cuman jadi biang gosip murahan. Belum pula kalau dilacak foto-foto yang disajikan, bisa jadi kena pasal pemalsuan dan penghinaan (pada Pahlawan Nasional).

Duh.. sangat tidak menarik deh ilmuwan seperti ini

2 thoughts on “Lawakan ahli sejarah?

  1. Rindu says:

    Jadi yang bener yang amna sih kang? …

  2. Rindu says:

    *yang mana* halah terburu buru …🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: