Perjalanan

1

June 27, 2008 by Tara

Kemarin Alhamdulillah, tidak sengaja aku malah terpaksa jalan-jalan keliling Indonesia. Acara sebenernya adalah kerjaan. Tapi disela-sela itu, memanfaatkan jam pagi hari atau malam hari, aku curi-curi untuk menikmati alam. Luar biasa, menikmati keindahan alam Indonesia. Alhamdulillah sempat menyambung silaturahmi, mengunjungi Bulikku (Lik Khil) di Jogja.

Dari perjalanan ini, selain keindahan alam, sebenarnya yang terlihat olehku adalah terasa betapa kayanya alam Indonesia. Lautnya (ombak, ikan, biota laut), kepulauannya (apa yang ada di pulau tersebut??), angin, gunung, dll. Ungkapan klise memang, semua itu kekayaan Indonesia yang belum terkelola dengan baik. Bedanya hanya: aku merasakan langsung kekayaan alam tersebut! Melihat itu semua, seharusnya tidak ada istilah kemiskinan di Indonesia. Entah kapan aku bisa ikut berperan secara langsung memanfaatkan alam Indonesia.

Selain kekayaan alam, aku juga melihat masyarakat Indonesia. Aku coba meresapi budaya dari tiap-tiap masyarakat yang ada. Mencoba melihat, faktor apa saja yang berpengaruh dalam membentuk budaya tersebut. Saat ini aku masih belum bisa merangkum semuanya. Aku baru sebatas merasakan. Mungkin kalau aku ada waktu, aku akan coba merangkumnya.

Sisa yang bisa dilihat adalah photo-photo ini. Mulai dari Sungai Kapuas di Pontianak, Pantai Losari di Makassar, Jogja, dan Bali (untuk Tanjung Pinang, Kepri, aku belum upload photo. Tapi ini nulis di Tanjung Pinang).

 

One thought on “Perjalanan

  1. Rindu says:

    Jadi ingat balikpapan-tarakan beberapa tahun yang lalu … ah Kalimantan memang sejuta mistery, indah seperti belum terjamah🙂 selalu begitu.

Leave a Reply

