Tribute to Pak Anwar Supriyadi

8

June 2, 2008 by Tara

Salutku untuk Pak Anwar Supriyadi, Dirjen Bea & Cukai saat ini.

Aku mengamati berita tentang beliau sejak dilantik menjadi Dirjen Bea & Cukai. Kebetulan aku mengenal Pak Anwar ini sejak jaman mahasiswa, waktu aku masih di KOKESMA ITB dan beliau menjadi Dirjen di Depkop. Pada waktu mahasiswa aku mengenal Pak Anwar sebagai seorang pribadi yang baik, yang mau membantu orang-orang muda. Dan seiring berjalannya waktu aku mendengar cerita-cerita yang baik tentang beliau lah..

Ketika beliau ditunjuk menjadi Dirjen Pajak, aku sudah menduga bahwa pasti akan ada resistensi. Dan benar.. di awal-awal beliau jadi dirjen, cukup banyak demo-demo yang aneh (aku tulis disini : http://dotindo.blogs.friendster.com/tara/2006/07/geliat_perlawan.html

Berita terbaru, hari Jum’at-Sabtu ini membuat aku tertawa:D. KPK menggeledah Bea & Cukai Tanjung Priok atas permintaan Dirjen Bea & Cukai:D. Dan teryata itu adalah langkahnya tindak lanjut dari langkah revolusioner yang dia lakukan sebelumnya. Pada Bulan Mei 2007 ternyata dia melakukan pembersihan terhadap 1300 pegawai Bea & Cukai Tanjung Priok. Kocok ulang antara Tanjung Priok dengan Bea & Cukai dari daerah. Ini suatu langkah yang sangat-sangat strategis. Hmm.. jadi keingetan, langkah ini juga dilakukan oleh Rizal Ramli ketika menjadi pimpinan Bulog. Mungkin kocok ulang merupakan salah satu cara untuk pemberantasan korupsi ya? Namun kocok ulang saja tentunya tidak cukup. Diperlukan usaha-usaha untuk menjaga budaya bersih. Apa yang dilakukan Pak Anwar ini termasuk tepat. Selain kocok ulang, beliau meningkatkan gaji pegawai, beliau membentuk tim pengawas internal, dan yang terbaru, bekerja sama dengan KPK melakukan pemeriksaan mendadak.

Itulah yang sepintas aku dengar dari media. Aku gembira dengan langkah-langkah yang dilakukannya. Seandainya orang seperti Pak Anwar itu ada 1000 di Indonesia, dan menduduki posisi-posisi strategis, mungkin ada banyak kemajuan yang bisa didapat negeri ini. Akhir kata, semoga Pak Anwar ini terjaga keselamatannya dan bisa terus menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, Amien..

8 thoughts on “Tribute to Pak Anwar Supriyadi

  1. Gunawan says:

    pak Dirjen Bea Cukai anak buah anda suka memeras pengusuaha di Bandung dengan menekuti nakuti pengusaha yang memeras itu namanuya : EKO RUDI P. SH. penyidikan P2 Wilayah Bandung

  2. Tara says:

    Pak Gunawan, kemarin saya sudah sampaikan keluhan Bapak ini ke websitenya Dirjen Bea Cukai. Mohon maaf saya bukan pegawai Bea Cuka ya Pak, jadi nggak bisa banyak membantu🙂.
    Tapi saya yakin, seandainya info ini masuk ke Pak Anwar Supriadi, pasti akan ditindak lanjuti. Apakah kemudian ada bukti, dll, itu nanti proses yang berjalan ya..

  3. pegawai bece says:

    mas tara, hati-hati bilang yang ngundang KPK pak anwar, soalnya ada beberapa pegawai yang bisa saja jadi gk suka sama pak anwar, saya tidak tau pasti siapa yang ngundang KPK, tapi ada lo pegawai BC yg ngeluh, “kok pimpinan tega ngaduin anak buah, bukannya di tegur aja cukup”, saya pegawai bea cukai yang ngefans sama pak anwar dan bu sri mulyani, saya yakin depkeu akan jadi lebih baik di tangan meraka

  4. Tara says:

    Mas Pegawai BECE (mas atau mbak yah:D),
    Perhatikan kalimat saya di tulisan di atas:
    ==Itulah yang sepintas aku dengar dari media.===
    Artinya, apa yang saya baca di media pada saat itu ya seperti itu.

    Sebagai orang luar, saya tidak memandang Pak Anwar hanya dari sisi mengundang KPK saja, tapi langkah terintegrasinya :
    1. Melakukan kocok ulang
    2. Peningkatan gaji
    3. Membangun internal control
    4. Mengundang KPK untuk inspeksi mendadak.
    Saya melihat urutan itu sebagai tahapan pembinaan yang LUAR BIASA. Jadi tidak serta merta menjerumuskan anak buahnya. Menurut saya, yang berkomentar seperti itu justru anak buah yang keterlaluan.

  5. Lukman-PLN AMBON says:

    Assalamu’alaikumwrwb

    Salut buat pak Anwar.

  6. nona says:

    Beliau memang mempunyai pribadi yg baik & santun kepada siapa pun, kami pun sering dibantu, terima kasih buat om Anwar & keluarga

  7. omenkzz says:

    si nona ini jangan2 keluarga dari om anwar ya..

    salam aja deh buat om awang (baca = anwar )..
    dari keluarga di salatiga😀

  8. Tara says:

    weleh… keluarganya Pak Anwar kumpul disini😀
    Salam deh buat beliau🙂

Leave a Reply

