Selamat Jalan Pak Harto..

3

January 28, 2008 by Tara

Kemarin ketika mendengar berita kematian Pak Harto, refleks aku terucap Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Dalam hati aku menambahkan kata Alhamdulillah, penderitaan beliau di dunia akhirnya disudahi.

Terbersit dalam hati sebuah kesedihan juga. Apapun, beliau pastilah banyak jasanya. Baik sejak jaman perang kemerdekaan, hingga akhir masa kepresidenannya. Bahwa beliau juga ada salah-salahnya, mungkin saja itu benar. Namun satu hal yang harus dicatat, kesalahan seseorang tidak akan menghapuskan kebaikan-kebaikannya. Dua catatan itu (kesalahan dan kebaikan) harus dijajarkan dan diperlakukan sebagaimana mestinya.

(Perlu diperhatikan juga, mungkin tidak semua kesalahan yang dituduhkan kepadanya benar merupakan tanggung jawabnya. Mungkin para bawahannya yang bertanggung jawab. Mungkin juga kita ada peranan dalam kesalahan itu, misalnya dengan kita diam tidak melakukan perlawanan dari awal) 

Dan sebagai orang timur, ketika saat ini beliau meninggal, maka biarlah catatan kebaikannya yang terus berbekas di hati kita. Tentang kesalahan-kesalahannya, sekarang beliau sudah memenuhi panggilan Tuhan, biarlah pengadilan Tuhan yang memutuskan.

Bahwa kroni-kroninya dan keluarganya yang bermasalah mau terus diusut dan diadili, itu silahkan dan sangat dianjurkan! Masalah kemudian Presiden memberi pengampunan bersyarat (artinya :tidak pengampunan penuh. Ada hukuman, misal denda, dll) kepada keluarganya, itupun menurutku memungkinkan (dengan mempertimbangkan jasa-jasa ayahnya).

Dalam hatiku aku berucap, “Ya Allah, semoga dengan segala kebaikan yang telah dilakukan Pak Harto, salah-salah yang ada mendapatkan pengampunan-Mu”.

Selamat jalan Pak Harto,

Selamat jalan mantan pemimpin Indonesia,

Semoga kami yang masih hidup mampu meneruskan membawa Indonesia menjadi negara yang lebih baik..

* Menulis dengan titik air mata

3 thoughts on “Selamat Jalan Pak Harto..

  1. Sayap KU says:

    Innalilliahi wainnalillaihi rajiun ….

    Siapapun dia, kita berdo’a untuk kepulangannya mas.

    -Ade-

  2. Tamim says:

    Pak harto bagaimanapun adalah pemimpin besar,memiliki pemimpin spt beliau adalah pelajaran besar bagi bangsa ini

  3. Tara says:

    Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai pahlawannya.
    Aku pernah membaca, lupa ini kisah nyata atau fiksi. Sepertinya kisah nyata deh, entah di Amerika atau Eropa.
    Pada suatu ketika ada seseorang perwira yang bertindak sangat heroik. Dan dalam pertempuran membela negaranya dia sampai kehilangan kakinya. Akhirnya dia dianggap sebagai seorang pahlawan besar.
    Tapi perjalanan hidupnya kemudian, entah bagaimana ceritanya, aku lupa, dia akhirnya menjadi seorang pengkhianat. Seluruh warga membenci dia, dan dia meninggalkan negara tersebut.
    Sikap warga negara tersebut ketika ditanya jawabannya adalah “Jika dia tertangkap, kakinya akan kita sepuh emas dan di jadikan monumen. Tapi hatinya akan dikasihkan pada anjing!” Kira-kira sekasar itu lah kata-katanya.
    Dan akhirnya, sebagai bukti dari ucapan tersebut, warga membangun monumen berupa kaki yang disepuh dengan emas, tetapi tidak ada badan lainnya.
    Sang pahlawan itu sendiri akhirnya mati di negeri orang kalau tidak salah.
    Punten, lupa persisnya seperti apa. Aku kebiasaan cuman mengingat kisahnya aja sih..
    Dalam kasus Pak Harto, seandainya ada sekelompok masyarakat yang mengusulkan beliau dijadikan Pahlawan Nasional, itu ya wajar saja dan mungkin bisa diterima. Bahwa ada juga yang terus meminta kejelasan status/ pengadilan terhadap Suharto dan kroninya, itu juga menurutku monggo saja. Cuman ajaran beliau kurasa perlu diperhatikan “mikul dhuwur, mendem jero”. Tapi sikap itu untuk beliau saja ya.. bukan untuk keluarga dan kroni-kroninya yang tidak jelas sumbangannya bagi negara!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: