Sabar

7

January 8, 2008 by Tara

Masalah terbesarku sebenernya adalah kata SABAR.

Sabar ini bukan berarti tidak ngamukan (meski kata orang aku ngamukan juga sih:p), tetapi sabar mengikuti proses yang ada. Aku selalu terburu nafsu:(. Selalu ingin cepat.

Memang sih, nafsu/ keinginan lebih cepat/lebih baik, itu merupakan pendorong kemajuan. Coba kalau orang nggak ada nafsu untuk lebih cepat, mungkin tidak akan ditemukan alat-alat transportasi. Mungkin tidak akan ditemukan komputer yang canggih. Hanya saja, tidak semuanya bisa dibuat cepat. Ada hal-hal tertentu kalau dipaksa melebihi kecepatan standar malah akan jadi bermasalah. Misalkan lah menggoreng telur, nggak bisa kita gedein apinya dan hanya dalam waktu 1 detik langsung matang. Karena untuk proses menjadi matang bukan semata urusan suhu. Hal-hal semacam ini ada banyak rupa dalam kehidupan. Dan aku cukup sering tidak sabar dan menghajar waktu. Akibatnya justru muncul masalah-masalah.

Semoga dilain waktu aku bisa lebih berhati-hati dan tidak terburu nafsu, Amien…

7 thoughts on “Sabar

  1. Sayap KU says:

    pepatah orang sabar disayang Tuhan itu wajib dipake … tapi sabar beda dengan pasrah loh mas.

    nanti deh kita tukeran buku-buku agama kalo sempet ketemu lagi. Berbagi ilmu bagus untuk para pencari Tuhan.

    -Ade-

  2. Zaki says:

    @Tara:
    hati2, habis diajak tuker2an buku agama, berikutnya diajak utk jadi kontributor di suatu blog tertentu
    ups masih rahasia ya De?
    tutup mulut deh…😀

  3. Tara says:

    Wah aku nggak punya banyak buku agama. Ada cuman beberapa, tapi itu jadi jimat beneran (maksudnya, buku kesayangan yang tidak boleh hilang), gak boleh dituker2:D.
    @ Ade
    Tentang orang sabar kekasih Tuhan, itu sepertinya merujuk sabar yang lain lagi deh. Memang kata sabar bisa punya banyak arti, tergantung bagaimana kita menggunakan dan siapa yang mendefinisikan.

  4. mtamim says:

    aku kayaknya jg termasuk yg gak sabaran alias grusa grusu.. hehehe

    setuju om.untuk matang bukan masalah suhu,tiap orang punya proses sendiri sendiri. aku pernah sedikit polemik diskusi dg temen ttg kampanye nikah dini.menurutku nikah dan kesiapannya jgn diukur dr usia saja,ada byk hal.. (kok jd ngomongin nikah..)

    bravo om.. sori baru mampir, baru nemu linknya..

  5. Tara says:

    haha.., itu kali agenda yang banyak mengganggu pikiran orang seumuran kita ya mim:))
    Aku kalau urusan takdir (semuanya ya.., termasuk nikah), terus terang masih bingung. Masih suka debat sama Budi (niatnulis.wordpress.com), tapi masih belum merasa benar-benar memahami juga. Aku masih menganggap peranan manusia itu nol dalam urusan takdir (halah, bakal pusing deh kalau bicara ini lagi..).
    Kalau urusan nikah itu, bayanganku kata sabar-nya bukan hanya TIDAK GRUSA-GRUSU, tetapi juga sabar = menerima semua ketentuan Tuhan apa adanya dan tetap berpikiran positif terhadap Tuhan.

  6. mtamim says:

    “Sabar ini bukan berarti tidak ngamukan (meski kata orang aku ngamukan juga sih:p)”

    jadi inget. masih suka ngamukan di AOE?
    atau sekali-sekali nggunting kabel listrik di pompa sumur, huehuehuehe

    Walah.. kok buka rahasia nih:))

    soal takdir, ya itu misteri Tuhan. tetap positif terhadap apapun yang dimaui-Nya.

    jadi inget puisinya Rumi (pernah kutulis juga di blogku)

    This being human is a guest house
    Every morning a new arrival
    A joy, a depression, a meanness, some momentary awareness comes
    As an unexpected visitor
    Welcome and entertain them all!
    Even if they’re a crowd of sorrows,
    who violently sweep your house
    empty of it’s furniture,
    still treat each guest honorably
    He may be clearing you out
    for some new delight
    The dark thought, the shame, the malice
    meet them at the door laughing
    and invite them in.
    be grateful for whoever comes,
    because each has been sent
    as a guide from beyond.

    (Matsnavi – Jalaluddin Rumi)

  7. edi says:

    orang sabar kan di sayang tuhan gituuuuuuuuuuuuuuuuuu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: