Iqra’

5

January 5, 2008 by Tara

1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,

2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,

4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,

5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Q. S Al-Alaq (1-5)

Aku ingin menuliskan tentang membaca.

Membaca itu sebenarnya adalah “mengartikan/ memahami tanda-tanda yang kita lihat“. Perhatikan gambar ini :

iqra.jpg

Pada mulanya kita melihat sebuah titik. Kemudian beberapa titik yang berdekatan, saking dekatnya kita melihat itu sebagai sebuah garis. Garis ada yang lurus ataupun melengkung. Pada tahap ini kita sudah selangkah lebih maju dari binatang, yaitu kita mengidentifikasi apa yang kita lihat.

Pada tahap selanjutnya, bentuk-bentuk tertentu kita artikan. Sehingga sebuah garis dengan bentuk tertentu kita “baca” sebagai huruf “a“. Maka membaca disini adalah “menafsirkan garis-garis dengan bentuk tertentu sebagai huruf a“. Langkah selanjutnya adalah beberapa huruf disusun menjadi satu kata. Beberapa kata disusun menjadi kalimat, selanjutnya menjadi parafgraf, dan akhirnya menjadi sebuah tulisan yang lengkap. Dan itulah membaca yang kita kenal selama ini, yaitu membaca tulisan/ dokumentasi.

Selain tulisan, kita juga mengenal simbol. Semisal tanda ini🙂 akan kita baca sebagai senyum.

Pertanyaannya, apakah perintah Iqra’ yang terdapat pada S. Al-Alaq itu artinya membaca dokumen yang tertulis saja?

Saya tidak cenderung menafsirkan demikian. Saya cenderung mengartikan membaca adalah sesuai definisi dasarnya, yaitu “mengartikan/ memahami tanda-tanda yang kita lihat“. Tanda yang dapat dilihat tidak melulu garis ataupun titik buatan manusia. Tanda yang dilihat adalah semua yang ada di alam semesta ini. Kalau kita melihat gunung mengeluarkan ledakan-ledakan kecil, dan kita mengatakan gunung akan meletus, maka itu termasuk membaca! Kalau kita melihat awan hitam bergelung-gelung dan angin kencang, kita katakan bahwa akan terjadi hujan, maka itupun termasuk kita membaca!

Jadi membaca sebenarnya bisa dilakukan oleh semua manusia. Baik itu seorang nelayan di pedalaman ataupun profesor yang dikenal hebat. Semua bisa membaca.

Pertanyaan lain, sudahkah kita mampu membaca dengan benar hal-hal yang tertulis tidak dengan huruf-huruf ciptaan manusia? Ketika kita melihat bulan, bintang, hujan, kapal berlayar, manusia bersuku bangsa, dll, apa arti semua itu? Sebuah ayat ini barangkali bisa menjadi petunjuk bagi kita :

65. Dan Allah menurunkan dari langit air (hujan) dan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang mendengarkan (pelajaran).  (Q.S. An- Nahl, ayat 65)

5 thoughts on “Iqra’

  1. Sayap KU says:

    Usahakan satu “ain” dari Al Qur’an setidaknya setiap hari mas… dan khatam 1 kali setiap tahun. Itu yang Ade lakukan selama ini.

    -Ade-

  2. Tara says:

    Wah hebat De,
    Aku sih ambil yang minimalis. Sesuai hadist Nabi “Sampaikanlah dariku walau 1 ayat”, jadi aku mencoba untuk minimal 1 ayat perhari.

  3. Zaki says:

    @Tara:
    Qur’an itu 6,236 ayat, dibaca 1 ayat sehari, maka selesai dalam 6,236 hari = 17 tahun
    Engga kelamaan tuh?

  4. Tara says:

    @Zaki
    Kalau bisa lebih dari 1 ayat per hari ya itu lebih baik.
    Tapi buat yang baru bisa 1 ayat per hari, tidak perlu minderlah.. Karena itu masih lebih baik daripada tidak sama sekali. Positive thinking:D

  5. ZikrulQulub says:

    Mendingan baca 1 ayat setiap hari selama 17 tahun daripada suruh mencari sendiri ayat-ayat tersebut. Bayangkan AlQur’an dikumpulkan selama 22 Tahun 2 Bulan 22 Hari… lebih lamakhan…

    Jangan main-main… satu ayat saja kita mengerti AlQur’an itu sama saja kita dapat menguasai sebuah ilmu yang berantai jika kita memahaminya, ya minimal bertekad untuk tahu…

    Seperti gunung… kita bertanya apakah gunung itu?. ternyata pasak bumi. Bumi darimanakah dia? dan seterusnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: