Learning from Germany (1)

Leave a comment

November 5, 2007 by Tara

Ini adalah tulisanku yang lama. Cuman aku emailkan ke beberapa temen aja. Sekarang aku publish aja ke blog. Semoga bermanfaat

Seri tulisan :

Learning from Germany (1), Learning from Germany (2), Learning from Germany (3)

—————————————————

—————————————————

Ini adalah catatan selama perjalanan ke Jerman. Terhitung sampai disini tanggal 3 Maret jam 13:00 dan pulang tanggal 14 Maret 2005 jam 14:00.

Dari pengamatan disini, yang dipelajari adalah :

  1. IT
  2. Peluang membangun bisnis di / dengan Jerman
  3. Peluang untuk bekerja selama sekolah
  4. Peluang sekolah
  5. Aspek perbandingan untuk perbaikan Indonesia sebagai bangsa
  •  
    • Analisa Budaya
    • Analisa Lingkungan umum
    • Analisa Ekonomi
    • Analisa Transportasi 

Dari berbagai aspek diatas, ternyata aku lebih banyak melihat point nomor lima. Barangkali akunya kali emang orang sosial ya? 

A.      IT

Di Jerman IT benar-benar dipergunakan di hampir semua lini. Jadi IT bukan sekedar data processing, tetapi sebagai pengatur system. Aspek yang paling terlihat jelas dan aku rasakan adalah di sektor transportasi. Mulai dari penerapan GIS untuk menemukan alamat rumah dan mencari rute perjalanan, hingga untuk pengelolaan tiket kereta api. Tiket kereta api ada yang bisa dibeli di Internet, di lokasi dengan petugas, di atas kereta api, atau menggunakan mesin tiket. Di mesin tiket kita juga bisa mengaturkan perjalanan kita untuk mencari koneksi kereta ke tujuan kita.

Key point dalam penerapan IT di jerman adalah :

1. Predicted environment

Secara umum di Jerman hampir sebagian besar bisa diprediksikan. Dalam transportasi baik kereta api maupun bus, ada jadwalnya dan hampir selalu on time. Pada kereta api kehandalan ini bisa dicapai dengan menghilangkan hal-hal yang memberi kemungkinan tak terduga (misalnya maintenance yang ketat untuk menjamin semua ok). Pada bus, kondisi jalan raya di Jerman hampir sebagian besar sepi, sehingga perjalanan dapat diprediksikan. Kemungkinan meleset kecil. Seandainya ada gangguan di jalan, sopir masih cukup waktu untuk mengejar keterlambatan. Kecepatan kendaraan di jalan cukup rendah, rata-rata 50 km/jam. Jarak antar lokasi juga cukup berdekatan.

Bisa dibilang, predicted environment ini adalah hasil interaksi dari :

  • Upaya perencanaan / penataan yang benar sehingga banyak hal menjadi sederhana dan mudah.
  • Jumlah penduduk yang sedikit
  • Kedisiplinan dan kejujuran orang
  • Infrastruktur yang bagus

2. Keinginan / willingness

Karena sebagian besar orang bekerja dengan benar, maka keinginan untuk pekerjaan dipermudah dengan IT cukup besar.Keinginan implementasi IT ini baik untuk di pekerjaan publik ataupun di pabrik. Di pabrik otomasi diterapkan dalam skala luar biasa, hal ini bisa terlihat dari lab di Uni Erlangen, dimana terlihat mesin-mesin yang di gunakan di lab tersebut dan dari proyek-proyek Industri yang dimintakan Universitas untuk merancangnya. Penelitian di universitas benar-benar diterapkan kemudian di industri.

3. Industry Support

IT cukup berkembang karena dii-drive oleh industri yang ada. Perhatikan, bahwa indusri di Jerman adalah industri yang tumbuh untuk pasar masa depan (mobil, telecommunication, etc). Mereka melakukan research / pengembangan produk saat ini untuk pertempuran bisnis dalam beberapa tahun di depan. Akibatnya perkembangan IT, sebagai salah satu teknologi masa depan sangat berkembang.

Sebagai contoh sederhana, perhatikan handphone. Lihat ada feature apa saja di situ, kemudian bayangkan bagaimana proses pengembangan satu demi satu featurenya. Pengembangan satu unit handphone bisa melibatkan banyak unit research. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: