Masa

Leave a comment

November 2, 2007 by Tara

Demi masa..

Sesungguhnya manusia itu merugi,

Kecuali orang-orang yang beriman, dan beramal sholeh, dan saling mengingatkan tentang kebenaran, dan saling mengingatkan tentang kesabaran.

(Al Qur’an, Surat Al-Ashr)

Ada dua point yang aku lihat dalam surat tersebut. Pertama tentang masa. Kedua tentang bagaimana supaya tidak rugi menghadapi masa.

Aku tertarik tentang masa (waktu). Aku merasakan betapa takdir kita berjalan diatas masa. Tuhan mengendalikan takdir kita dengan menghadirkan kejadian satu demi satu dalam masa kita masing-masing. Betapa sering kita merasa “kok waktunya nggak pas sih?”. Itulah kekuasaan Tuhan. Tuhan sengaja memberikan “waktu yang tidak pas” untuk kita. Artinya, memang itu bukan takdir kita. Meski sering juga kita merasakan “kok pas waktunya!”. Artinya, yang “pas waktunya” itulah takdir kita.

Cukup banyak aku mengalami kebetulan-kebetulan yang dalam probabilitas sangat-sangat kecil. Namun probabilitas yang sangat kecil itu terjadi! Hanya kebesaran Tuhan lah yang membuat itu semua terjadi.

Aku sedang banyak merenung. Entah sebenarnya merenungi masa, takdir, atau Tuhan, aku nggak tahu. Yang jelas aku merasa takjub. Terkadang merasa sayang (tapi aku mencoba mematikan perasaan ini, karena ini seperti menggugat kebesaran Tuhan), terkadang aku merasa sangat bersyukur (bagaimanapun, masih jauh lebih banyak kebaikan yang aku terima daripada kesulitan/ cobaan/ hukuman yang aku terima).

Aku sekarang mengembangkan semua indra yang ada di didiriku. Mencoba menangkap pesan-pesan Tuhan yang disampaikan padaku. Pesan yang disampaikan melalui berbagai kejadian yang ada padaku. Berharap aku tidak melakukan kesalahan membaca pesan. Berharap tidak tertinggal masa.

Bismillah, jalani aja semuanya. Semua sudah ketentuan-Nya🙂

(reposting dari blog di FS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: